Kamis, 26 Desember 2019

Jangan Pernah Minum Kopi Sesudah Makan

Emang sih habis makan bila dilengkapi dengan secangkir kopi akan terasa lebih nikmat. Terlebih setelah sarapan pagi. Tapi ternyata 'Si hitam manis' ini juga berbahaya bagi kesehatan.  Terutama bila anda sebelumya mengkonsumsi makanan cepat saji atau makanan yang mengandung lemak.

Makanan cepat saji atau fast food diketahui tidak baik untuk kesehatan. Jika seseorang mengonsumsi makanan cepat saji dan meminum kopi setelahnya, merupakan kombinasi yang sangat buruk bagi kesehatan.

Seperti yang dikutip dari Times of India, meminum kopi saat atau setelah memakan makanan cepat saji dapat meningkatkan kadar gula darah. Menurut peneliti Marie-Soleil Beaudoin dari University of Guelph, Kanada, makanan cepat saji sudah mengandung banyak lemak, bila ditambah dengan mengonsumsi kopi maka kenaikan gula darah menjadi berlipat ganda.

Lemak dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk memproduksi insulin dan mendistribusikannya ke otot-otot sehingga memicu gula darah naik ke tingkat yang berpotensi membahayakan. Akibat tercampurnya lemak dengan kopi berkafein, dapat merusak komunikasi antara usus dan pankreas.

Pernyataan ini dibuktikan melalui penelitian dimana para peneliti tersebut meminum 2 cangkir kopi berkafein 5 jam setelah mencerna makanan berlemak. Hasilnya, mereka mendapati bahwa kadar gula darahnya 32% lebih tinggi daripada mereka yang tidak mengonsumsi makanan atau minuman berlemak.

Nah.. Sebaiknya berikan jeda waktu yang agak panjang untuk minum kopi jika sebelumnya makan makanan berlemak. Diatas 5-6 Jam adalah waktu yang efisien.
 

Artikel Terkait

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon