Senin, 30 April 2018

Tips Menghilangkan Komedo Secara Alami

Komedo merupakan masalah bagi sebagian orang, yaitu berupa noda bintik-bintik hitam diwajah. Timbulnya komedo disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan kelenjar minyak yang berlebihan. 

Hal tersebut terjadi karena jarangnya membersikan wajah, sehingga sel-sel kulit mati menumpuk, dan minyak dipermukaan kulit menutupi sel-sel kulit sehingga sel kulit tersumbat dan muncullah bintik hitam (komedo) diwajah. 

Berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan komedo, mulai dari membeli obat-obatan hingga dengan memanfaatkan bahan-bahan alami disekitar kita. Bahan alami tentu memilki resiko yang lebih rendah dan lebih aman daripada bahan-bahan kimia yang kita beli di apotik.

Ada dua jenis komedo yang bisa menempel pada wajah, yaitu :

1. Komedo Blackhead (Komedo yang terbuka) adalah pori-pori yang membesar dan berwarna hitam, yang disebabkan penyumbatan pori-pori kulit karena teroksidasi dengan udara.

2. Komedo Whitehead (Komedo yang tertutup) adalah pori-pori yang tertutup oleh kulit yang tumbuh diatas pori-pori yang terjadi penyumbatan, sehingga terlihat tonjolan putih kecil pada permukaan kulit wajah.

Berikut beberapa bahan-bahan alami yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan komedo :

1. Air Garam
Air garam berguna untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah, dan berguna untuk mengurangi komedo pada kulit wajah. Cara ini hampir sama dengan cara menghilangkan jerawat dengan air garam, tetapi sedikit berbeda. Untuk menghilangkan komedo dengan air garam tidak perlu menggunakan kapas. Caranya hanya mencuci muka dengan air hangat yang sudah dicampur dengan garam sekali dalam sehari. Cara ini termasuk ampuh untuk menghilangkan bintik hitam diwajah (komedo).

2. Jeruk Nipis
Komedo bisa dihilangkan dengan lotion yang terbuat dari bahan air jeruk nipis. Cara ini merupakan cara yang aman untuk menghilangkan komedo, karena minim efek samping. Kandungan yang terdapat dalam air jeruk nipis ini akan membersihkan wajah dan membuatnya lebih cerah.

3. Lidah Buaya
Lidah buaya ini tidak hanya bermanfaat untuk rambut dan menghilangkan jerawat, tetapi juga bisa membatu mengatasi komedo pada wajah. Caranya juga sangat mudah, ambil bagian dari lidah buaya yang mirip gel, oleskan pada daerah wajah yang ada komedo, tunggu hingga 10-15 menit. Lalu bersihkan wajah anda. Kandungan dari lidah buaya ini tidak hanya bisa mengangkat komedo, namun juga menghaluskan dan menyegarkan kulit wajah.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon